Ribuan Santri Membludak, Membanjiri Masjid Assasut Taqwa dalam Pelaksanaan Sholat Idul Adha.

Ribuan Santri Membludak, Membanjiri Masjid Assasut Taqwa dalam Pelaksanaan Sholat Idul Adha.


LUMAJANG-masih mengenai Idul Adha. Pesantren Kyai Syarifuddin, Minggu 10 Dzulhijah seluruh santri, asatidz dan para warga pesantren  melaksanakan sholat Ied berjamaah di Masjid Assatut Taqwa. Ribuan jama’ah membludak membanjiri halaman serta lingkungan pesantren untuk melaksanakan sholat Ied. Santri nampak memenuhi tempat sholat, baik di masjid, halaman masjid, mushollah pesantren, pemukiman warga, bahkan di jalanan depan pesantren.

Idul Adha kali ini, Pesantren Kyai Syarifuddin menerima qurban berupa 4 ekor sapi dan 8 ekor  kambing. Seluruh santri serta warga sangat berantusias dalam proses penyembelihan binatang qurban. Setelah binatang qurban disembelih, warga dan para pengurus memilah daging tersebut, kemudian membagikan daging qurban kepada warga dan santri setiap kamar untuk diolah. Ada dari mereka yang langsung disate, ada juga yang mengolahnya menjadi bakso.

“ini adalah tradisi pesantren setiap tahun, meskipun tidak ada liburan kami bangga, karena kami bisa merayakannya bersama teman serta nyate bareng. Keseruan seperti ini tidak kami dapati ketika dirumah” ungkap salah satu santriwati pesantren Kyai Syarifuddin.

Tradisi ini memiliki kesan tersendiri bagi kami selaku santriwati Pesantren Syarifuddin.