Kategori : opini


Bimbing Kami Kyai

Belajar Bermasyarakt. Yah! Dua kata itu yang sangat menghantui kami sebagai santri yang ingin melepas diri dari jeruji suci(pesantren). Siang dan bengi kami megharap pada ilahi, semoga kami diberkahi. Apalah daya kami sebagai seorang santri yang hanya berusaha tulus mengabdi. Kami sangat takut menghadap dunia masyarakat nanti. Tolong terus bimbing ..

Selengkapnya

Jaga Amanah itu Sangat Penting

Istiqomah dalam mengemban amanah bukanlah hal yang mudah. Butuh kejujuran dan kejernihan hati dalam melakukannya. Hal itu dilakukan dengan ikhlas oleh perempuan berdarah Lumajang ini, Dewi Syahrotul Hikmah. Perempuan yang menghabiskan waktu sebagai santri ini, menjadi ketua pondok putri di Pondok Pesantren Kyai ..

Selengkapnya

Panggil Kami Khadijah Aisyah

PANGGIL KAMI KHADIJAH-AISYAH Syarifuddin merupakan nama sebuah yayasan yang menaungi banyak lembaga dan substansi, salah satunya “Dalsel (Dalem Selatan)”. Dalem Selatan adalah julukan akrab yang digunakan santri dan masyarakat dalam menyebut Pondok Pesantren Putri dibawah bimbingan Kyai Sulahak Syarif dengan Nyai Maqtuatis ..

Selengkapnya

ILMU NAHWU, PENTING NGGAK?

Ilmu nahwu adalah sebuah  ilmu yang mempelajari tata bahasa dalam bahasa arab. Namun sampai sekarang ilmu nahwu ini masih saja dianggap sebelah mata bagi kebanyakan orang. Materi yang terkadang sulit untuk dimengerti dan penerapannya yang sangat sulit untuk diterapkan dalam penggunaan bahasa arab menjadikan kebanyakan orang terkadang enggan ..

Selengkapnya

Pisah Kenang Guru Tugas

Derai tetesan air mata para santri Syarifuddin Putri Asrama A menjadi pecah karena adanya acara Pisah Kenang Guru Tugas yang diadakan pada hari selasa 01 Mei 2018. Acara ini diadakan di Aula Dalem Timur pada jam 2 siang. Pondok Pesantren Asrama A ini alhamdulillah sudah 2 kali mengambil  guru tugas dari Pondok Alm. KH. MUHAMMAD SUBADAR ..

Selengkapnya