Kategori : Artikel


Selengkapnya

Ketika Gema Takbir Berkumandang di Pesantren Syarifuddin.

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Gema takbir mulai berkumandang di penjuru pesantren. Tak terkecuali Asrama Khadijah, Aisyah dan Tahfidzul Qur’an Al-Yumna. Tradisi tahunan di Pesantren Syarifuddin, tepat pada sabtu malam minggu 09 Dzulhijjah 1440  santriwati menyambutnya dengan berkumpul di musholla dan aula sembari ..

Selengkapnya

Pesantren vs Perkembangan zaman

Jika mendengar kata santri, pasti muncul di benak kita seorang dengan figur bersarung, berpeci agak menjorok ke belakang, hingga nampak sebagian jidatnya dan baju kokoh lengan panjang. Sedangkan figur perempuannya, tak luput dengan kerudung panjang menjular ke dada. Semuanya tidak salah dalam menokohkan. Memang mayoritas santri tampil seperti itu. ..

Selengkapnya

Islam Memuliakan Wanita

ISLAM MEMULIAKAN WANITA Abdul Wadud Nafis   Islam memandang bahwa wanita adalah sosok manusia dengan seperangkat potensi yang ada pada dirinya.  Sebagaimana pria, wanita dibekali  potensi berupa akal, naluri untuk beragama, melestarikan keturunan dan mempertahankan diri, serta kebutuhan jasmani sebagai sarana untuk mengabdi ..

Selengkapnya

Ilmu Allah

Sebagai lembaga intelektual yang telah mencetak ribuan juta intelek muslim, membuktikan bahwa pesantren mengkaji serius terhadap ilmu, tak pandang itu ilmu apa. karena ilmu itu semuanya ilmu Allah, hanya saja di zaman yang semakin melaju ini ada pihak yang berusaha mendikotomi ilmu. Lalu sikap yang seperti apa yang harus kita ambil? Menurut Bapak ..

Selengkapnya